Tuesday, October 14, 2008

Financial Planner dan Wealth Management

Dalam seminggu ini, aku di kelas menerima materi yang cukup menarik dan juga diberikan oleh Trainer yang berkelas juga. Masih dalam program Management Trainee Bank Sinarmas, kami menerima materi Financial Planner dan Wealth Management. Di situ kami ditraining oleh ahli-ahli Perencanaan Keuangan seperti Algiko Ibnugroho dan Aidil Akbar Madjid.
Kami diberikan materi bagaimana mengelola dan merencanakan harta dan aset kita maupun perusahaan agar tidak terjadi kerugian yang cukup besar. Selain itu kami diajari teknik untuk berinvestasi yang tepat pada jamannya.
Jadi aku mulai mengerti bahwa kita harus merencanakan keuangan kita sebaik mungkin agar mimpi yang kita punya itu paling tidak dapat tersentuh bahkan sangat mungkin untuk terjadi. Di mana kita memimpikan menginginkan sesuatu untuk beberapa tahun mendatang, kita harus mulai merencanakannya sedari sekarang dan juga melihat proyeksi dan beberapa kemungkinan yang akan datang.
Selain itu diperlukannya pembagian pos2 penting untuk mencapai mimpi kita, misal ada pos khusu untuk pendidikan, renovasi rumah, perencanaan pembelian rumah, kendaraan, dsb. Pokoknya jangan sampai kita menggunakan uang kita untuk sesuatu hal yang belum tepat waktunya. Karena yang ttidak pernah kita pikirkan adalah tentang Dana Darurat.
Apabila kita sudah dapat merencanakan keuangan kita dengan baik maka kita dapat meminimalisir kehabisangan /pemakaian uang yang tidak perlu dan hilang entah kemana(itu yang sering kita rasakan khan...??).
Dari sekelumit cerita di atas, aku harapa sedari sekarang kita harus mulai berpikir merencanakan keuangan kita, walaupun diawali dengan nominal yang sangat kecil. Karena merupakan pondasi awal untuk mencapai suatu ketinggian.
Intinya begini,
PENDAPATAN-INVESTASI(perencanaan)=PENGELUARAN
bukan
PENDAPATAN-PENGELUARAN=INVESTASI
itu saja versi simple-nya...
Ya aku juga masih dalam tahap belajar, tidak ada salahnya kita belajar bersama-sama.

No comments: